Minggu, 10 Januari 2010

Kisah Donor Darah

01 Januari 2010

Tanggal itu merupakan tanggal bermakna buat gue yaitu tanggal dimana gue bener-bener baru mengerti betapa pentingnya donor darah. Permulaan tahun yang buruk tetapi mengandung hikmah sebenarnya.

Jadi, Sabtu, 02 Januari 2010 bokap gue akan dioperasi. Terus dokter bilang butuh darah tambahan sekitar 750cc (3 orang) karena hemoglobin bokap masih kurang. Dokter minta darahnya nggak beli dan dari keluarga. Akhirnya diputuskanlah, mau tidak mau, suka tidak suka, GUE sama nyokap mendonorkan darah. Kebetulan darah kami bertiga segolongan. Yang bikin gue gamang, gue adalah orang yang takut sama jarum suntik dan nggak pernah melakukan donor darah. Gue nggak mau donor? Hey, yang butuh darah tuh bokap lo sendiri. Mau donor? Kebayang gue lemes dengan jarum suntik menancap di lengan gue. Gue bener-bener dilema saat itu.

Setelah gue membangun mental, akhirnya gue sama nyokap pergi ke PMI. Sampai di sana, gue baru menemukan untuk pertama kalinya suasana Palang Merah Indonesia. Orang-orang ramai karena butuh darah. Cukup crowded kelihatannya pas gue baru dateng (itu sekitar pukul 9 malam). Setelah kasih surat pengantar dari rumah sakit, ketakutan gue akan jarum suntik berubah menjadi takut karena kita belum menemukan 1 orang lagi pendonor! Panik, gelisah, takut, semua campur aduk. Gue sama nyokap berpikir keras siapa kira-kira yang mau ke PMI donorin darah jam segini pula. Akhirnya pilihan pertama jatuh pada nama Om Bakti, om gue. Ternyata eh ternyata pas gue telepon ke rumahnya Om Bakti lagi di Bogor tahun baruan. Air mata udah nyaris keluar. Gue tambah gelisah. Akhirnya gue coba telepon orang yang kiranya di otak gue saat itu bisa bantu, Ka Dwi dan Ka Dwi ternyata bersedia tapi dia lagi jenguk nyokapnya Fakhrie (temen gue juga) di UGD RSCM.

Setelah nunggu beberapa lama untuk diambil darahnya, tiba giliran gue sama nyokap masuk ruang pendonoran. Deg deg ser luar biasa rasanya. Kebetulan gue sama nyokap samping-sampingan dan yang ngeladenin kita cowok. Gue perhatiin perlahan-lahan tuh jarum, BUSET! Jarum suntik yang biasa aja gue serem, ini lagi, lubang jarumnya gede! Pelan-pelan si mas masukin tuh jarum. WOW! Rasanya cekit-cekit, cekit-cekit! Tapi lama-lama gue rileks. Lemes.. Lemes.. Eh, pas angkanya baru 36 tiba-tiba gue pusing. Gue pikir ah mungkin ini wajar. Gue diemin lama-lama mata kunang-kunang. Gue ngomong deh sama petugasnya, ternyata ini bahaya kalau pusing. Dia bilang, “Kalau kamu pusing, pendonoran nggak jadi nih.”. Langsung gue kebayang babe gue. Gue bilang, “Kalau dipaksa aja gimana?”. Kata nyokap muka gue udah pucet, putih banget! Terus dia langsung tanya temennya, cewek, dan si mba nyamperin gue. “Ini darah buat papa kamu kan? Kalau kamu pusing sama pingsan nanti nggak jadi donornya.”. Bener-bener deh, gue kayak mati rasa. Mata gue mulai nutup pelan-pelan tiba-tiba si mba bilang, “Jangan tidur ya.”. Gue kebayang nanti bokap telat operasi gara-gara gue. Gue paksa untuk kuat dan ALHAMDULILLAH gue berhasil melewatinya. 5 menit kemudian angka menunjukkan 250 dan pendonoran berakhir. Thanks God!

Pas lagi rebahan, gue liat Ka Dwi udah dateng. Gue pikir Ka Dwi dateng sama Ka Nano doang tau-taunya ada Fakhrie sama bokapnya. Ternyata nyokap Fakhrie butuh darah juga untuk operasi malemnya. Saat itu udah jam setengah sebelas sedangkan pengambilan darah bisa dilakukan 12-15 jam setelah pendonoran. Parahnya, saat itu dia butuh 5 kantong darah dan di PMI stock darah habis. Padahal gue merasa gue adalah orang tersial di hari itu ternyata masih ada yang lebih kesulitan.

Setelah kejadian yang gue alami ditambah pengalaman Fakhrie ini bener-bener nyadarin gue kalau donor darah itu penting. Nggak kebayang juga gue kalau kayak Fakhrie, kehabisan stock darah di saat bener-bener perlu darah secepatnya. Semoga cerita gue ini bisa membagi pengalaman kepada para pembaca juga ya. Slogan hari ini : “Setetes darah Anda sama dengan memberi nyawa kepada orang lain”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar